Menghadapi
wawancara dalam setiap lamran pekerjaan merupakan sebuah tantangan. Ada
kompetisi di setiap pelamar yang dituntut memiliki pendidikan solid serta
menunjukkan bakat dan ketrampilan. Ciptakanlah Kesan pertama yang baik saat
wawancara kerja, Selain membangun kepercayaan diri, busana pun harus
diperhatikan ketika dipanggil untuk interview oleh perusahaan impian. Berikut
ini beberapa hal Tips Wawancara Kerja yang perlu dipertimbangkan ketika
Anda merencanakan pencarian lowongan pekerjaan:
Pilih Baju
dari Sehari Sebelum Wawancara Kerja Wawancara kerja bisa menjadi momen
menegangkan, untuk itu pilihlah busana dari sehari sebelum interview. Sehingga
Anda tidak kebingungan lagi untuk memilih baju. Sesuaikan Pakaian dengan Bidang
Pekerjaan Cara tepat untuk memilih busana saat interview adalah dengan
menyesuaikan bidang pekerjaan. Sebagai contoh, jika Anda akan wawancara kerja
di bidang finansial atau hukum, gunakanlah baju yang klasik.Tampil Modis Boleh
saja tampil modis dan lebih kasual bila Anda wawancara kerja di dunia fashion,
media, komunikasi atau periklanan. Menggunakan skinny jeans, kemeja putih,
sepatu pumps tinggi dengan aksesori kalung chunky boleh saja digunakan. Hindari
Sepatu yang Terlalu Tinggi Sepatu terlalu tinggi membuat Anda kurang nyaman,
ketika perasaan tidak nyaman timbul maka Anda menjadi gelisah dan tidak percaya
diri.
HAL-HAL
BERIKUT HARUS ANDA PERHATIKAN DALAM WAWANCARA :
1. Usahakan
untuk tiba 10 (sepuluh) menit lebih awal, jika terpaksa terlambat karena ada
gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan (pewawancara).
2. Ucapkan
salam (selamat pagi / siang / sore) kepada para pewawancara dan jika harus
berjabat tangan, jabatlah dengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas).
3. Tetaplah
berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak
dan seimbang.
4. Ingat dengan baik nama pewawancara. Lakukan kontak mata dengan pewawancara. Tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan pewawancara.
5. Tunjukkan
antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan.
Gunakan bahasa formal, bukan prokem atau bahasa gaul kecuali anda diwawancarai
untuk mampu menggunakan bahasa tersebut.
6. Tampilkan
hal-hal positif yang pernah anda raih. Tunjukkan energi dan rasa percaya diri
yang tinggi. Tunjukkan apa yang bisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa
yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda .
7. Akhiri
wawancara dengan menanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Ucapkan
banyak terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan
kepada anda. Mengingat bahwa masih banyak calon karyawan yang menghadapi
kendala dalam menjalani wawancara kerja, Tips ini diharapkan dapat memberikan
sedikit pencerahan bagi pencari kerja sehingga lebih siap dan percaya diri.
Saya yakin masih banyak cara-cara yang mungkin belum tertulis dalam Tips
Wawancara ini, namun setidaknya jika anda melaksanakan saran-saran yang ada di
atas maka anda akan memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi wawancara
kerja.
0 comments:
Post a Comment